TIPS FOTO PRODUK MUDAH DI RUMAH

TIPS FOTO PRODUK MUDAH DI RUMAH

Kamu memiliki usaha jualan online shop atau jualan produk-produk sendiri? Saatnya kamu harus membuat foto produkmu. Foto produk menjadi elemen penting yang dapat menunjang promosi dan penjualan produk. Dengan adanya foto produk orang menjadi lebih mudah untuk melihat detail produk dan macam-macam produknya, jadi kamu tak perlu repot-repot membawa produkmu kesana kemari. Nah, tak perlu menyewa jasa foto profesional atau pergi ke studio foto. Sekarang kamu bisa membuat studio foto dirumah lho. Agar foto produkmu maksimal ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk memotret produk sendiri. Yuk simak tips berikut!

Buat Studio Sendiri

Walaupun dirumah, kamu bisa membuat studio foto sendiri lho. Tak harus besar yang penting cukup untuk ukuran produkmu. Jika produkmu berukuran kecil kamu bisa gunakan mini studio. Alternatif lainnya, gunakan background polos dengan warna netral seperti putih, sebab warna putih memberikan kesan cerah dan menonjolkan produk. Jangan lupa gunakan stand background agar tidak jatuh. 

Pencahayaan

Cahaya menentukan hasil foto produkmu, bisa cahaya alami maupun buatan. Cahaya alami atau cahaya matahari memiliki sifat cahaya yang lembut dan menyebar pada pagi dan sore hari. Jika kurang terang kamu bisa gunakan reflektor untuk memantulkan cahaya ke produk. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan cahaya buatan seperti lampu LED, lighting strobe studio atau flash.  Selain itu, gunakan peralatan pencahayaan tambahan seperti payung atau soft-box pada lampu untuk melembutkan cahaya.

Setting Kamera

Gunakan kamera DSLR atau Mirorrless agar foto produkmu lebih detail dan menarik. Aturlah format foto ke RAW di menu penyimpanan agar kualitas foto lebih baik dan lebih mudah di edit. Pilih mode Manual (M) agar kamu dapat mengendalikan fokus dan exposure sesuai dengan kondisi pencahayaan. Gunakan f-stop (diafragma) lebih besar (angka kecil) agar background kabur dan produkmu lebih fokus. Jika menggunakan lampu studio, turunkan ISOmu. Shutter speed antara 1/60 sampai 1/125 atau tergantung kondisi pencahayaan. Penting juga mengatur ukuran rasio dan resolusi fotomu.

Berikut contekannya

Jenis Instagram

Rasio

Resolusi

Feed Foto/Video (Persegi) 1:1 1080 x 1080 piksel
Feed Foto/Video (Landscape) 1.91:1 1080 x 608 piksel
Feed Foto/Video (Portrait) 4:5 1080 x 1350 piksel
IG Story & IG Live 9:16 1080 x 1920 piksel
4:5 1080 x 608 piksel
IGTV 9:16 (Portrait) 1080 x 1920 piksel
16:9 (Landscape) 1920 x 1080 piksel
Instagram Reels 9:16 1080 x 1920 piksel

Angle

Perhatikan sudut pengambilan foto produkmu. Jika produkmu fashion atau aksesoris, sebaiknya mengambil foto dari beberapa sisi dan ambil detail produkmu untuk menonjolkan kualitas produk. Sedangkan untuk makanan, foto dari atas dan bereksperimen mengambil beberapa sudut agar makanan terlihat menggiurkan. 

Properti

Hal yang tak kalah penting, tambahkan beberapa properti yang masih berhubungan dengan produk utamamu atau properti yang ada dirumah seperti boneka, bunga, aksesoris dan lainnya. Agar foto produkmu lebih menarik minat orang untuk membelinya. 

ASK support dengan himbauan pemerintah soal social distancing, tapi jangan sampai bikin kamu jadi nggak produktif ya. Kami siap memenuhi kebutuhan foto produkmu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya mesti #dirumahaja, banyak Promo menarik lho! Cek instagram kami @ayoksewakamera atau hubungi CS kami di 0851-0058-3696

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *