TIPS FOTO MAKRO MUDAH DI RUMAH

TIPS FOTO MAKRO MUDAH DI RUMAH

Mau tetap produktif dan mencoba hal-hal baru seperti memotet di halaman sekitar rumahmu. Kamu bisa membuat foto makro lho! Fotografi makro adalah salah satu genre di dalam fotografi yang memanfaatkan hewan-hewan kecil atau benda kecil sebagai objeknya. Foto makro sangat fleksibel dilakukan di luar maupun di dalam ruangan. Banyak orang merasa membuat foto makro sangat sulit, padahal mudah dan menyenangkan jika ada niat. Pastikan kamu memiliki peralatan fotografi yang tepat ya. Tak perlu beli kamu bisa sewa kamera dan seperangkat lensanya di ASK. Nah, sebelum praktik yuk simak tips membuat fotografi makro berikut!

Gunakan Lensa Makro

Pada umumnya lensa makro memiliki focal length antara 50mm sampai 200mm dengan pembesaran 1:1 bahkan lebih. Kamu bisa gunakan Canon EF 100mm f/2.8 Macro USM. Lensa tersebut sudah mumpuni untuk menghasilkan foto yang tajam dan bokeh. Jika low budged, alternatifnya gunakan lensa zoom yang mengusung pengaturan makro. Jika menggunakan lensa standar tambahkan extension tube, reverse ring, filter close up atau macro converter. Namun, hasilnya tidak sebagus lensa khusus makro. 

Perhatikan Setting Kamera

Gunakan manual fokus agar fokus lebih akurat dan memudahkanmu bermain dengan komposisi. Gunakan aperture f/2.8 atau f/4 agar menghasilkan foto lebih tajam dan bokeh. Atur ISO antara 100 sampai 400 agar tidak noise. Atur shutter speed diatas 1/250 agar objekmu tidak shaking dan blur. Namun, jika memotret di dalam ruangan dan membutuhkan flash, cukup gunakan shutter speed 1/100 atau atau dibawahnya, karena cahaya dari flash otomatis akan membekukan objek. Kelemahan mengguanakan flash adalah background objek akan menjadi gelap.  

Pilih Objek Yang Tepat

Tidak semua objek dapat dijadikan foto makro. Kamu harus membidik objek berukuran kecil, umumnya seperti serangga, kupu-kupu dan hewan-hewan kecil lainnya. Lalu fokuskan ada mata objek agar terlihat lebih tajam. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan benda berukuran kecil seperti perhiasan atau miniatur karena mereka tidak bergerak sehingga lebih mudah dipotret. 

Pastikan Kamera Tidak Shaking

DOF sempit pada foto makro lebih menantang dalam pengaturan fokus lensa sehingga dapat membuat foto blur. Untuk antisipasi gunakan tripod atau monopod, jika ada kamu bisa menggunakan shutter release cable (kabel yang berfungsi untuk memotret tanpa harus menyentuh tombol shutter), kamu tinggal colokkan ke kameramu. Alternatif lainnya, atur self timer kamera 10 detik, sehingga tidak ada getaran akibat tekanan jarimu pada tombol shutter

Memotret di Dalam Ruangan 

Bereksperimenlah menciptakan studio mini dirumah. Dengan perlengkapan sederhana seperti background kain, lighting strobe studio atau flash dan objek mini pastinya. Keuntungan memotret di dalam ruangan adalah tidak ada angin yang menggangu, bandingkan jika kamu di outdoor pasti menemukan kesulitan karena melihat hembusan angin terlembut sekalipun disekitar objekmu, sehingga foto akan berisiko blur. Keuntungan lainnya kamu bisa mengontrol cahaya, karena salah satu kunci utama foto makro adalah memiliki pencahayaan yang merata di seluruh bagian. 

ASK support dengan himbauan pemerintah soal social distancing, tapi jangan sampai bikin kamu jadi nggak produktif ya. Kami siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *