GENRE FOTOGRAFI, PEMULA WAJIB TAHU!

GENRE FOTOGRAFI, PEMULA WAJIB TAHU!

Apa itu Genre dalam Fotografi?

Seperti musik, fotografi juga memiliki genre atau aliran untuk membagi foto menjadi beberapa jenis. Buat kamu yang baru belajar fotografi wajib banget tahu beberapa genre fotografi berikut ini…

Street Photography 

Motret orang yang ada dijalanan secara spontan dan nyata.Tapi juga nggak harus dijalan kok, yang terpenting objek foto bisa mengungkapkan tentang aktivitas keseharian manusia. Coba ke pasar atau tempat-tempat umum lainnya, jangan lupa pakai masker dan jaga jarak ya!

Human Interest Photography

Hampir mirip sih sama Street Photography, bedanya fotomu harus bisa dapetin momen yang terkesan ada empati dan simpatinya. Kalau kondisinya memungkinkan jangan lupa minta izin dulu ke objek yang mau difoto biar mereka nggak keganggu.

Journalism Photography 

Agak berbeda dengan genre lainnya, genre ini merupakan bagian dari jurnalistik, maka setiap karya yang kamu ciptakan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, misalnya harus jujur, apa adanya dan tidak memihak saat menceritakan sebuah kisah / berita. Fokusnya untuk mengabadikan moment puncak/klimaks dalam sebuah kejadian nyata disekitar kita.

Portrait Photography

Nah, genre ini bisa banget kamu lakukan di sekitar rumah. Cukup objeknya manusia dan yang terpenting tonjolkan ekspresi, kepribadian dan suasana hati. Seperti bahagia, sedih, marah. Fokuskan pada wajahnya lalu jepret!

Sport Photography

Ngerasa nggak sih akhir-akhir ini lagi tren banget sepedaan? Sampai-sampai toko sepeda kelarisan haha.. Manfaatkan momen ini! Mengabadikan momen olahraga itu kan termasuk genre ini. Sambil sepedaan bawa kamera, nanti pas dijalan bisa sambil motret-motret kegiatan sepedaanmu bersama teman-teman atau keluarga.

Landscape Photography

Genre ini memiliki ciri khas memotret alam terbuka, objeknya pun alami, namun kadang juga bikinan manusia. Jadi cocok buat kamu yang suka travelling ke tempat-tempat wisata alam atau sedang berada di alam. Jangan lupa pertimbangkan moment ya. Misalnya saat sunset, sunrise atau golden time agar hasilnya lebih bagus. 

Macro Photography

Memotret hewan-hewan kecil seperti serangga atau benda-benda kecil itu termasuk genre ini. Tujuannya biar objek yang berukuran kecil terlihat sangat dekat dan menampilkan detail yang tinggi. Jangan lupa gunakan lensa macro!

Wildlife Photography

Objek foto dalam genre ini adalah satwa liar di habitat aslinya. Fotografi jenis ini memang sangat menantang karena fotografer dituntut memiliki nyali yang besar. Foto yang diambil dari satwa  yang menarik misalnya ketika sedang melakukan aktifitas, makan, terbang, dll.

Food Photography

Kamu yang hobi masak jangan lupa hasil masakannya difoto ya. Buat makananmu terlihat menarik dan menggoda. Siapa tau new normal ini kamu bisa buka usaha makanan. Yang terpenting perhatika komposisi, detail dan tekstur makanan. Pencahayaan juga menjadi faktor utama lho!

Still Life Photography

Objek dalam genre ini adalah benda-benda mati disekitar kita. Namun jangan asal jepret ya! Kamu harus menentukan komposisi, pencahayaan dan tata artistik yang pas agar objek kamu terlihat hidup atau bernyawa.

Yuk segera praktik!

Kami siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *