PENGERTIAN RULE OF THIRDS DALAM FOTOGRAFI

PENGERTIAN RULE OF THIRDS DALAM FOTOGRAFI

KOMPOSISI FOTO RULE OF THIRDS

Hasil sebuah foto yang bagus di tentukan oleh komposisinya. Semakin tepat dan seimbang komposisinya semakin enak juga foto dilihat, bahkan dapat membuat perspektif yang berbed-beda bagi orang yang melihat hasil fotonya. Nah, komposisi dipengaruhi oleh pengaturan pada teknik Rule Of Thirds. Teknik ini merupakan hal yang mendasar dalam dunia fotografi. Yuk simak penjelasannya!

 

Apa itu Rule Of Thirds ?

Salah satu setting pada kamera dengan tampilan garis vertikal dan horisontal yang terbagi menjadi 9 kotak. Berguna untuk mengatur posisi objek foto di sepertiga bagian dalam foto atau ke dalam satu bingkai dengan posisi yang tepat agar foto terlihat menarik dan komposisinya sempurna. Komposisi mencakup penempatan benda, objek, titik fokus, dan tata letak (layout) keseluruhan foto. Kamera DSLR dan Mirrorless telah memiliki pengaturan Rule Of Thirds pada tampilan layar LCD, sehingga lebih mudah digunakan. 

 

Tips Penerapan Rule Of Thirds Untuk Objek Fotografimu

Landscape (Pemandangan)

Jika kamu ingin memotret pemandangan, sebaiknya tetap menonjolkan objek utamanya. Posisikan objek terbelah garis pada grid yang telah kamu buat. Tentukan posisi terbaik untuk menempatkan titik fokus. Sebaiknya posisikan objek pada titik tengah bagian atas sebelah kanan dan kedua titik tengah bagian bawah (begitu juga sebaliknya). Jika memang tidak ada objek utama kamu bisa bagi posisi pemandangan hingga menurutmu komposisinya sudah seimbang.

 

Potrait Photography

Jika kamu akan memotret objek manusia atau hewan, usahakan untuk menempatkan objek pada salah satu garis vertikal. Tidak perlu tepat di bagian titik-titik (grid). Namun, ketika penempatan objek semakin dekat dengan garis, akan semakin baik komposisinya. Ingat! Jauhi posisi garis tengah grid dan jangan terlalu memusatkan fokus pada objek utama hingga mengabaikan aturan Rule Of Thirds. Posisikan objek di satu sisi untuk memberikan sedikit ruang untuk menunjukkan lingkungan objek. 

 

Moving Object

Ketika kamu memotret objek yang bergerak, tetap tempatkan mereka di posisi grid yang tepat. Perhatikan arah pergerakan mereka. Sediakan ruang di depan objek yang kamu bidik untuk menunjukkan arah objek bergerak. Hal ini akan menciptakan sebuah imajinasi moving object bergerak melalui ruang kosong yang ada di depan objek. Cocok saat membuat foto panning nih!

 

Street Photography

Genre ini memang menuntut fotografer cepat menentukan komposisi atau Rule Of Thirds nya. Letakkan objek mendekati atau pada titik-titik pertemuan antara garis vertikal dan horisontal. Tempatkan elemen terpenting pada tampilan foto di sepanjang garis atau poin garis tersebut memotong bagian objek. Jika objekmu manusia perhatikan arah pandang matanya, dan sisakan ruang di depan arah pandang atau mata objek. 

 

ASK siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *