TEKNIK PENCAHAYAAN FOTOGRAFI

TEKNIK PENCAHAYAAN FOTOGRAFI

Dalam dunia fotografi pencahayaan menjadi faktor utama saat memotret. Bayangkan saja, ketika gelap tidak ada sumber cahaya sama sekali foto kita hanya tampak hitam daan gelap. Selain itu, pencahayaan sangat mempengaruhi estetika atau keindahan dari sebuah foto. Fotografer harus memanfaatkan sumber cahaya yang ada, mulai dari cahaya alami dan cahaya buatan. Terdapat dua cara pencahayaan dalam fotografi. Yang pertama Avalaible Light (memotret dengan pencahayaan alami, seperti cahaya matahari, bulan, lilin, api dan lain sebagainya). Yang kedua,  Artificial Light (memotret dengan menambahkan sumber cahaya buatan seperti penggunaan flash, strobist, studio light, LED, lampu dan lain sebagainya. 

Ketika sudah terdapat sumber cahaya yang menerangi objek fotomu dan berhasil ditangkap oleh kamera, langkah selanjutnya kamu harus mengatur sedemikian rupa arah sumber cahaya tersebut dan mengatur posisi objekmu. Tentunya dengan berbagai teknik-teknik fotografi pencahayaan. Nah, lalu apa saja teknik pencahayaan dalam fotografi? Yuk simak penjelasan berikut!

 

FRONT LIGHT 

Disebut pencahayaan dari depan karena teknik ini memanfaatkan pencahayaan yang datang tepat di depan objek, sehingga bagian depan objek akan mendapat cahaya penuh. Kelebihanya, jika kamu ingin memotret objek manusia kamu dapat menampakkan detail wajah atau secara menyeluruh. Kekurangan dari teknik ini, objek akan terasa datar atau flat tanpa dimensi.

 

SIDE LIGHT 

Teknik ini memanfaatkan pencahayaan yang datang dari samping atau sebagian sisi objek dengan sudut 180º, sehingga membentuk area gelap dan terang pada objek. Jika objeknya manusia akan di fokuskan pada wajah. Kelebihan dari teknik ini selain memunculkan tekstur juga dapat menambah nuansa dramatis atau misteri dan kesan dimensi ruang karena sebagian sisi objek gelap. Teknik ini cocok diaplikasikan di dalam studio dan sering digunakan pada foto hitam putih. 

 

OVAL LIGHT

Biasanya dikenal sebagai membrant light atau lip. Teknik ini memanfaatkan arah datangnya cahaya dari depan objek membentuk sudut 45º, sehingga akan membentuk sedikit bayangan di bagian belakang objek. Selain objek foto terlihat berdimensi jelas seperti teknik Side Light, teknik ini tetap menonjolkan karakter warna yang dimiliki objek karena bagian sisi tidak terlalu gelap. Kamu bisa terapkan teknik ini untuk foto studio dan gunakan reflektor untuk membantu mengarahkan cahaya. 

 

RIM LIGHT 

Jika kamu ingin membuat fotomu berdimensi dan tampak kilauan cahaya yang membentuk garis pada bagian belakang objek kamu bisa terapkan teknik ini. Rim Light memanfaatkan arah cahaya dari belakang objek dengan sudut ¼ objek, sehingga sebagian depan objek akan tampak gelap.  Objek foto manusia biasanya akan difokuskan pada bagian rambut yang berkilau. 

 

BACK LIGHT

Buat kamu yang ingin memotret foto siluet, kamu cocok dengan teknik ini. Back Light memanfatkan arah cahaya dari belakang objek. Hampir sama dengan Rim Light, namun cahaya dari belakang penuh tepat dibelakang objek. Objek yang membelakangi sumber cahaya membuat bagian depan objek akan tampak gelap. Tujuannya untuk memunculkan bentuk objek seakan 2 dimensi. Pastikan objekmu menarik ya!

Jika ingin menghasilkan foto yang bagus dengan menerapkan Teknik-teknik Pencahayaan Fotografi ini, siapkan perlengkapan lighting nya ya! Nggak perlu beli, kamu bisa sewa di ASK dengan menghubungi CS kami di nomor 0851-0058-3696. Kami siap memenuhi kebutuhan jepret-jepretmu… Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *