TIPS FOTO ZOOMING

TIPS FOTO ZOOMING

Zooming merupakan salah satu teknik Shutter Effect yang mengandalkan pengaturan Shutter Speed yang tepat. Teknik ini memberikan kesan bergerak pada objek yang diam. Zooming memiliki efek gerak membentuk garis ke tengah seolah mendekati atau menjauhi objek dititik tengah. Nah, gimana sih cara bikin foto Zooming? Ikuti tips berikut ini yuk!

 

Lensa

Teknik zooming pada dasarnya adalah teknik mengambil gambar dengan mengandalkan gerakan lensa zoom in atau zoom out (perubahan panjang fokus lensa). Sehingga seolah objek foto akan mendekat atau menjauh. Gunakan lensa zoom atau lensa kit standar. Caranya dengan mengubah fokus lensa dari ukuran terpanjang ke terpendek (contoh dari 35mm ke 15mm) bersamaan dengan menekan tombol shutter. Jika kamu menggunakan lensa dengan gelang merah, atur zoomnya dengan menggeser titik fokus lensa ke kiri atau ke kanan.

 

Gunakan Tripod

Saat kita memotret dengan teknik zooming, tak bisa dipungkiri kamera akan shaking karena kita menggerakkan focal length kamera. Jadi, gunakanlah tripod untuk meminalisir guncangan dan membuat hasil fotomu lebih tajam. 

 

Setting Kamera

Gunakan mode Shutter Priority (TV/S) untuk mengatur kecepatan shutter yang diinginkan. Penggunaan mode ini agar lensa mengatur sendiri bukaanya (aperture) secara otomatis. Lalu setting Shutter Speed rendah antara 1/5 -1/30 detik. Gunakan ISO rendah dibawah 800 atau tergantung pencahayaan. ISO rendah untuk mengontrol cahaya masuk saat kita menggunakan Shutter Speed rendah dan dapat menambah ketajaman objek. 

 

Background 

Pilih variasi background dengan warna yang kontras. Maka kamu bisa lakukan pada siang hari atau pada malam hari dengan kondisi pencahayaan yang kurang. Jika memotret di malam hari, pilihlah objek lampu atau objek yang bercahaya. 

 

Fokus

Gunakan fokus manual pada lensamu. Tempatkan objek di garis tengah karena bagian ini membuat ketajaman gambar relatif lebih baik, lalu lakukan prefocus. Putar lensamu pada zoom terdekat objek atau sebaliknya. Lalu zoom out atau zoom in lensamu bersamaan dengan menekan tombol shutter. Besarnya efek zooming yang didapat tergantung pada seberapa cepat gerakan tanganmu memutar lensa. Lakukan percobaan dengan kecepatan berbeda dan dapatkan hasil yang beragam. 

 

Yuk segera praktek!

ASK siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *