TIPS KOMPOSISI FOTO MACRO

TIPS KOMPOSISI FOTO MACRO

Memotret objek macro nggak asal close up. Tapi, kita harus pandai menyusun komposisi foto macro agar seimbang dan enak dilihat. Nah, apa saja komposisi foto yang bisa kita terapkan saat memotret macro? Yuk kita bahas!

 

Tentukan Pov (Poin Of View)

Rata-rata foto diambil dengan sudut eye-level atau sejajar dengan mata kita. Nah, agar lebih kreatif dan menarik cobalah untuk mengubah sudut pengambilan fotomu, seperti posisikan kamera diatas objek macromu atau menurunkan kameramu (frog eye) agar objek macromu terlihat seperti raksasa.

 

Rule of Third 

Masih ingat materi kita tentang Rule Of Third? Itu lho yang memposisikan objek sesuai garis atau grid. Nah, gunakan cara ini agar efektif mendapatkan gambar yang sempurna. Walaupun objekmu kecil atau macro dan pastinya kamu hanya fokus pada satu objek, hal ini tetap berguna agar fotomu terlihat seimbang.

 

Lead Room

Foto macro memang identik dengan close up, tapi perhatikan juga ruang disekitar objek utamamu. Berikan ruang yang cukup untuk objek, jika objekmu binatang perhatikan arah mata atau posisi mereka, berikan ruang di depan arah pandang mata objek. Hal ini agar fotomu terlihat seimbang dan enak dilihat.

 

Crop Ketat

Jika objekmu serangga kecil atau bunga, terkadang timbul rasa bimbang saat menentukan perlu atau tidak memperlihatkan seluruh bagian objek. Nah, jangan nanggung untuk memilih jika memang objekmu menarik seperti serangga yang memiliki kelopak mata yang bagus atau bunga yang sedang mekar, sebaiknya kamu bisa crop ketat ke salah satu bagian objek.

 

Yuk segera praktek!

ASK siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *