TIPS FOTOGRAFI FLAT LAY

TIPS FOTOGRAFI FLAT LAY

Apa itu Fotografi Flat Lay?

Teknik fotografi dengan cara membidik objek dari atas (high angle). Posisikan kamera tepat diatas objek dan (till down) menunduk sejajar kearah objek. Bereksperimenlah dengan ketinggian dan sudut kemiringan kamera yang berbeda. Objek dapat berupa makanan, produk dan barang sehari-hari lainnya. Objek diletakkan di permukaan datar (flat). Tak hanya foto, video pun bisa menggunakan tampilan flat fly lho, pastinya instagramable dan dapat mempercantik feed instagrammu. Gimana sih cara bikinnya? 

 

Pilih Background Yang Simple

Pilih background simple dengan warna kontras, seperti putih, pink, kuning atau pastel. Hal ini agar objek utamamu lebih fokus. Kamu bisa manfaatkan kertas, kain, kayu, meja, ataupun diatas kasur. Background akan menentukan keselarasan dengan objek fotomu, jadi jangan asal pilih ya! 

 

Properti

Gunakan properti yang mempercantik objek utama, seperti bunga, pernak-pernik atau benda lainnya dirumahmu. Letakkan objek dengan proporsi yang tepat, bisa dibuat rapi atau seakan berantakan. Cobalah gunakan teknik emphasizing (menonjolkan objek utama dan beberapa objek yang ingin kamu tonjolkan).

 

Pencahayaan

Gunakan cahaya alami sinar matahari agar objekmu terlihat lebih natural, tapi jangan sampai cahaya matahari terlalu keras ya. Jika berada di dalam rumah kamu bisa mendekat ke jendela atau gunakan lampu tidurmu, perhatikan juga kameramu jangan sampai noise karena cahaya yang redup di dalam ruangan. 

 

Aspek Rasio

Aspek rasio paling populer untuk foto flatlay adalah 1:1, pas dengan konsep flat. Rasio 1:1 memberikan penekanan pada kesan statis dan pakem. Tapi, kamu juga bisa menggunakan aspek rasio 16:9 lho! Aspek rasio ini cocok digunakan untuk instagram story. Terkait ini, pelajari lagi bab komposisi yak, kapan-kapan semoga bisa kita bahas lebih spesifik.

 

Edit dan Upload Foto

Jika kamu kamu ingin langsung upload fotomu ke Instagram namun belum puas dengan hasilnya, manfaatkan editing tools di Instagram. Jika fotomu tidak tegak lurus gunakan stratighten tools di Instagram. Jangan gunakan filter! Karena foto flat lay memberikan kesan simple dan natural sehingga jangan berlebihan dalam mengeditnya. Cukup atur brightness, contrast, colour dan saturation. Jangan over juga mengubah saturasi ya.. Buatlah tetap “clean look” dan light.

 

Yuk segera praktek!

ASK siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *