TIPS PLATING FOOD PHOTOGRAPHY

TIPS PLATING FOOD PHOTOGRAPHY

Sebelum praktik memotret makanan atau food photography, elemen makanan sangat perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil foto makanan yang menarik dan menggugah selera. Salah satunya “plating”, penataan dan penyajian makanan di atas piring atau alas makan dengan memperhatikan posisi dan komposisi makanan agar menunjukan nilai seni dan kualitasnya.

Berikut beberapa tips plating makanan agar food photography mu semakin menarik..

 

Porsi Sedikit

Saat kita hendak memotret makanan dengan porsi yang banyak justru tidak akan menarik dan tidak menggugah selera orang yang melihatnya. Jadi, gunakan makanan dengan porsi sedikit saja agar terlihat minimalis. Ambil sebagian makananmu yang dapat menonjolkan kelezatan. 

 

Perhatikan Penyajian

Makanan tidak serta merta diletakkan begitu saja dimeja, perlu penggunaan piring, talenan atau alas untuk makananmu. Untuk menambah daya tarik visual, kamu bisa gunakan piring putih dan menyisakan sedikit ruang untuk membingkai makananmu. Kamu juga bisa melapisi piring dengan kertas roti untuk melembutkan garis piring. Semua hal tersebut dapat membuat makanan terkesan rapi dan elegan.

 

Food Layering

Buatlah layer pada makanan dengan menumpuk elemen-elemen makanan hingga tercipta bentuk dan warna tertentu. Teknik ini cocok diaplikasikan untuk jenis makanan yang dapat ditumpuk seperti kue, pancake, lasagna dan lainnya. Tak hanya segi tampilan yang menggoda, teknik ini dapat menghasilkan berbagai kombinasi makanan dalam setiap gigitannya, sehingga rasa makanan lebih bervariasi.

 

Komposisi Makanan

Kreasikan makananmu seperti menambahkan saus atau mayonnaise, lalu buatlah sedikit lumer secara alami. Elemen berantakan itulah yang nantinya akan menambah kesan gerak dan fotomu menjadi hidup. Makanan akan terlihat natural dan menggoda. Perhatikan juga ketinggian atau penempatan objek makananmu, untuk memberikan aksen dan titik fokus pada elemen makanan yang paling lezat. 

 

Variasi Bentuk Makanan

Teknik ini biasa digunakan untuk menarik anak-anak menikmati makanannya. Elemen makanan dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah objek tertentu dengan mencetak makanan atau menambahkan garnish menyerupai bentuk tertentu seperti rambut menggunakan saus, telur seperti bentuk matahari dan lainnya. Kamu bisa mulai berimajinasi dan berkreasi agar tampilan makanan lebih menarik.

 

Yuk segera praktek!

ASK siap memenuhi kebutuhan fotomu. Spesial buat kamu yang tetap mau berkarya, banyak Promo menarik lho! Tunggu apalagi  segera hubungi CS kami di 0851-0058-3696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *