REVIEW ZHIYUN CRANE V2, GIMBAL DENGAN 3-AXIS STABILIZER

REVIEW ZHIYUN CRANE V2, GIMBAL DENGAN 3-AXIS STABILIZER

Footage dengan hasil yang smooth saat melakukan panning, tilting, atau dollying, tentu saja menjadi idaman para videografer. Sudah banyak kamera DSLR maupun mirrorless memiliki fitur stabilizer dalam mengambil gambar maupun video. Namun tentu saja kemampuan yang diberikan produsen kamera terbatas. Meskipun ada peningkatan yang nyata tentu saja masih tidak cukup bagi kamu seorang videografer. 

Dulu agar bisa menghasilkan video footage yang halus, videografer  perlu membutuhkan peralatan yang mahal dan berat. Namun sekarang karena kemajuan teknologi, alat-alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan footage yang smooth semakin terjangkau dan mudah dioperasikan. Tidak lupa ukuran yang ikut disesuaikan, jadi lebih ringan.

Teknologi yang baru saja berkembang stabilizer elektrik gimbal yaitu Zhiyun Crane V2. Dengan teknologi 3 motor pada 3 axis untuk meredam getaran dan gerakan yang tidak diinginkan saat merekam.  Zhiyun crane v2 dirancang untuk kamera mirrorless hingga DSLR, dan memiliki muatan kamera maksimum hampir 1,8kg. Gimbal ini hanya memiliki berat 950 gram, belum termasuk baterai. Sehingga Zhiyun Crane V2 menawarkan teknologi slip-ring pada ketiga sumbu gimbalnya. Jadi kamu dapat mengontrol gimbal dengan rotasi 360 derajat x 3 tanpa batasan dan arah sudut bebas. Hal ini memudahkan kamu saat menggunakan alat,  karena setiap gerakan atau penempatan kamera tergantung pada cara menembak shotnya.

Saat membuka kotak Zhiyun Crane pertama kali, akan terkesan bahwa tas jinjing yang digunakan akan berguna saat membawa Zhiyun Crane V2 bepergian. Setelah membuka seluruh komponen tersusun rapi dengan pengaman busa yang empuk dan bagus.

Kelengkapan di dalam tas:

– Gimbal Stabilizer

– Battery Compartment

– Battery Charger

– Battery

– Micro Usb

– Lens Mounting Clamp

– Lens Mounting Screws 2 Pcs

– User Manual

Gimbal zhiyun crane v2 terasa cukup kokoh, bahkan dari segi bahan tidak seperti plastik seperti beberapa gimbal yang ada di pasaran. Sehingga gimbal ini dapat kamu gunakan saat kondisi sulit sekalipun. Cara penggunaannya dipermudah dengan panel kontrol berbentuk joy stik untuk memiringkan, menggeser atau memutar gimbal. Gimbal Zhiyun Crane V2 menawarkan tiga mode yaitu mode pan-follow, mode lock, dan mode full hanya dengan menekan tombol mode nya. Kinerja tombol dan cara penggunaannya cukup rapi sehingga tidak membingungkan untuk para pemula Zhiyun Crane V2.

Jika dirasa kurang nyaman dengan penggunaan tombolnya, kamu bisa mengontrol gimbal ini hanya dengan sebuah aplikasi smartphone, yaitu Zhiyun Assistant. Untuk daya tahan baterai Zhiyun dilengkapi dengan dua baterai Li-Ion Zhiyun 26500 dengan daya 3600mah.  Apabila digunakan secara maksimal selama 10 hingga 12 jam.

Kesimpulan:

Zhiyun Crane v2 dikemas dengan 3 fitur yang disematkan. Menjadi salah satu gimbal yang ringan dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan gimbal lain di pasaran. Gimbal ini sangat cocok untuk kondisi yang ekstrim baik tempat, kondisi, maupun  secara cuaca. Sejauh ini rekaman yang dihasilkan dengan bantuan Zhiyun Crane V2 sangat memuaskan, meredam getaran saat berjalan maupun berlari.

Kamu bisa mencoba menggunakan Zhiyun Crane V2 hanya dengan 180.000/hari dengan menyewa di ASK loh, yuuk hubungi kami di 085100583696. Follow juga instagram kami @ayoksewakamera untuk mendapatkan tips dan ilmu fotografi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *